Kapal Kandas

Iklan Semua Halaman

Kapal Kandas

IT&News CAAIP team
31.3.21

KAPAL KANDAS 

 
 

Jika kapal anda kandas dan tidak bisa lepas dengan segera pada saat air pasang tinggi. Yang harus dilakukan adalah menarik dengan kekuatan besar, mengurangi beban kapal, atau mendalamkan dasar lautnya. Berikut adalah penjelasan dari 2 metode diatas untuk menjadi bahan referensi (dredging tidak dibahas)

The  ground reaction=
Adalah besaran tenaga (dalam Ton  Bollard Pull) yang dibutuhkan untuk membebaskan kapal yang kandas.

Tenaga yg dibutuhkan = Remaining Ground Reaction X Coefficient Of Friction. 

Remaining ground reaction = Adalah perbedaan displacement kapal pada saat masih terapung dengan pada saat kapal kandas.

Cara menghitungnya =
Baca draft kandas pada saat tertentu (air pasang), Hitung Mean Draft kapal dan dapatkan Displacement dari Hydrostatic Particular. Lalu bandingkan Displacement tersebut dengan Displacement (Mean Draft) pada saat kapal masih terapung sebelum kandas. Perbedaan tersebut kita namakan Remaining Ground Reaction.

Coefficient of friction adalah pengaruh gesekan lunas kapal dengan dasar laut.

Contoh coefficients of friction/ jenis dasar laut:
Mud= 0,92 (start), 0,69 (slide)
Clay= 0,90 (start), 0,56 (slide)
Sand= 0,98 (start), 0,74 (slide)

Sementara jika yang digunakan adalag metode Lightening, maka jumlah beban yang harus dikurangi dihitung berdasarkan rumus;

Formula ;
Difference in mean draft x TPC  =  EXTRA BUOYANCY NEEDED

Keterangan;
Difference in Mean Draft adalah perbedaan draft rata-rata saat sebelum kandas dan pada saat kandas.

Extra buoyancy needed adalah jumlah ton muatan yangvharus dibongkar.

TPC = Ton Per Centimeter, adalah jumlah ton yang dibutuhkan untuk merubah draft dalam centimeter.

Salam maritim.
ZAH, sekum CAAIP | CAAIP 29