Lagi Tentang Siapa Bas Awo Lilin Tua CAAIP 12

Iklan Semua Halaman

Lagi Tentang Siapa Bas Awo Lilin Tua CAAIP 12

Ananta Gultom
8.3.23

 


Bas Awo Suparwo yang kita kenal sebagai Lilin Tua di channel Youtube adalah seorang alumni Akademi Ilmu Pelayaran AIP angkatan 12.


Beliau adalah seorang aktivis Teknik Perkapalan berusia 77 tahun yang telah berkecimpung di bidangnya selama lebih dari 50 tahun, masih semangat untuk terus menyebarkan dan membagikan ilmunya kepada orang lain sebagai seorang Pengajar, Penulis, dan YouTuber dengan nama "Lilin Tua". 


Bas Awo telah mengupload lebih dari 100 video mengenai perkapalan dan telah diikuti oleh lebih dari 11 ribu orang di kanal YouTube-nya. Beliau sering diundang ke berbagai perguruan tinggi untuk membagi ilmunya. 


Pada 3 Maret 2023, Fakultas Logistik Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia akan mengundang Bapak Suparwo dalam kegiatan kuliah pakar yang bertemakan "Peranan Kampus Dalam Menyiapkan SDM yang Match dan Link sebagai Sumber Daya Nasional" dengan sub tema "Sinergitas Keterampilan Kadet Permesinan kapal dengan Profesi dan Kompetensi Kerja Diatas Kapal"



Selama menempuh pendidikan, beliau pernah menjadi Kadet mesin Kapal niaga di Jepang pada 1968 dan menjadi Assistant Engineer di kapal berbendera Hapad Lloyd di Hamburg pada tahun 1970. 


Beliau juga pernah aktif di Badan Diklat perhubungan. Bapak Suparwo telah menerima berbagai penghargaan, sertifikat, dan kerja sama selama ini, seperti penghargaan sebagai Penggajar Tunggal TOT IGF Code di Bekasi, sertifikat sebagai narasumber di Management "Politeknik Bumi Akpelni", serta penghargaan lainnya. 


Kegigatan kuliah pakar yang akan dihadiri oleh Bapak Suparwo ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara keterampilan kadet permesinan kapal dengan profesi dan kompetensi kerja di atas kapal, dan juga meningkatkan kualitas SDM yang sesuai dengan kebutuhan nasional.


Dalam kanal YouTube-nya, beliau telah mengunggah lebih dari 100 video yang membahas berbagai hal tentang perkapalan dan telah diikuti oleh lebih dari 11 ribu orang. Penjelasannya yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan video yang menarik membuat beliau sering diundang ke berbagai perguruan tinggi untuk membagi ilmunya.


Kegiatan kuliah pakar yang akan dihadiri oleh Bapak Suparwo ini akan diadakan pada 3 Maret 2023 dan bertemakan "Peranan Kampus Dalam Menyiapkan SDM yang Match dan Link sebagai Sumber Daya Nasional" dengan sub tema "Sinergitas Keterampilan Kadet Permesinan kapal dengan Profesi dan Kompetensi Kerja Diatas Kapal". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang sesuai dengan kebutuhan nasional dan memperkuat sinergitas antara keterampilan kadet permesinan kapal dengan profesi dan kompetensi kerja di atas kapal.


Beberapa artikel yang meliput tentang Bas Awo Lilin Tua dapat kita temui  di media online eMaritim.com seperti:



Dalam keseluruhan artikel, Bapak Suparwo diakui sebagai sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia perkapalan di Indonesia, baik melalui karirnya di bidang perkapalan maupun sebagai pengajar dan pencipta konten melalui kanal YouTube Lilin Tua. Artikel juga membahas bagaimana Lilin Tua dapat menjadi sumber belajar yang berguna bagi masyarakat yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perkapalan. (AG24)