Artikel tersebut membahas kemungkinan kapal otonom berlayar di seluruh dunia dan kurangnya standar internasional untuk mengatur desain, operasi, dan pemeliharaan kapal-kapal tersebut.
Organisasi Maritim Internasional (IMO) telah melakukan Latihan Lingkup Regulasi (RSE) untuk menciptakan kerangka kerja bagi Kapal Permukaan Otonom Maritim (MASS) agar dapat beroperasi secara aman.
Fokus pada Peraturan untuk Mencegah Tabrakan di Laut (COLREGS) juga dijelaskan, dengan pertanyaan apakah aturan penghindaran tabrakan dapat diotomatisasi.
Tantangan melibatkan adaptasi COLREGS untuk kapal otonom, termasuk cara kapal otonom mengamati kapal lain, penggunaan lampu dan suara, dan bagaimana teknologi pengenalan suara dapat mematuhi aturan.
Artikel mencermati bagaimana IMO menyimpulkan bahwa COLREGS masih menjadi titik referensi utama untuk MASS, tetapi perlu ditambahkan lampu, bentuk, dan sinyal suara khusus untuk mengidentifikasi operasi otonom.
Kesimpulan juga menyebutkan perlunya menentukan persyaratan teknis untuk sistem otonom, termasuk batasan deteksi dan jarak aman dalam situasi pelayaran, serta poin keputusan untuk manuver penghindaran.(AG24)